MRPC

Pengertian dari : 

1.Bad Sector : adalah Keadaan di mana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.

2.Bios : Merupakan Perangkat lunak yang bertugas melakukan perintah kerja secara manual pada saat masuk Sistem Operasi (OS). BIOS memiliki singkatan dari Basic Input Output System. Bios terletak pada papan motherboard yang terpasang menempel pada papan. Meskipun bios tidak mampu memberikan komunikasi seperti perangkat lain yang memiliki kemampuan tinggkat tinggi, namun BIOS mampu mengendalikan semua jenis perangkat keras /Hardware melalui keyboard.

3.Boot : adalah proses pemasukan arus listrik kedalam peralatan komputer sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna.
tahap awal proses booting yang dilakukan oleh sistem operasi adalah bootstrap loader yang bertujuan untuk melacak semua I/O yang terpasang pada komputer.

4.Exe : Ini bagian dari software yg bertugas menjalankan aplikasi saat mendapat perintah dari suatu system. Bila file ini terhapus, maka aplikasi bersangkutan tak akan bisa dijalankan walau aplikasi tsb masih terinstall. Semua software pasti ada file .exe , namun ada perbedaan. Misal file .exe pd komputer tak akan sama dgn file .exe pd ponsel.

5.Fat : sebuah sistem berkas yangmenggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk  penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FATsendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebaske dalamBahasa Indonesiamenjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yangdigunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.

6.Format : operasi memadam maklumat dari media storan maklumat. Ianya sering dilakukan ke atas cakera keras (HDD), namun boleh juga dilakukan ke atas cakera liut (FDD) dan sebarang jenis media storan elektronik seperti Thumbdrive, Kad Ingatan (Memory Card) yang dipasang ke dalam alat elektronik konsumer seperti telefon bimbit, kamera digital, pemain MP3/MP4 dan lain - lain.

7.Interrupt : proses dalam komputer untuk meminta dilayani oleh mikroprosesor sesuai dengan tingkat prioritasnya yang telah diatur sedemikian rupa oleh sistem hardware computer.
CPU banyak melaksanakan routin untuk melakukan pelayanan pemrosesan ataupun koordinasi kepada IC penunjang atau chipset dan peripherals pada saat diperlukan. Sehingga CPU dapat melakukan 

8.Master/Slave : bisa diartikan harddisk yang memiliki posisi kedua. Lalu bilakah sebuah harddisk menjadi master atau menjadi slave? Sebuah harddisk yang menjadi master, umumnya harddisk yang memiliki Operating system atau harddisk yang berdiri sendiri (terdapat hanya satu harddisk). Dan sebuah harddisk yang menjadi slave adalah harddisk kedua yang di tandem (bersatu dalam satu kabel data) dengan harddisk master. Atau sebuah slave adalah sebuah optical disk yang di tandem dengan harddisk master.

9.Operating System : sekumpulan perintah dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer

10.Partition : adalah pengaturan data pada harddisk. Atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi.

11.Jumper : onnector (penghubung) short sirkuit elektrik yand digunakan untuk menghubungkan atau memutus hubungan pada suatu sirkuit. Jumper juga digunakan untuk melakukan setting pada papan elektrik seperti motherboard komputer.

12.Switch : komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer2 yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar. Switch memberikan unjuk kerja yang jauh lebih baik dari pada HUB dengan harga yang sama atau sedikit lebih mahal.

13.Over Clock : sebuah proses Overclock untuk membuat sebuah perangkat berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada spesifikasi yang dimilikinya. Secara prinsip, Overclock digunakan untuk membuat kinerja PC menjadi lebih tinggi. Selain itu, Overclock dapat juga dianggap sebagai langkah untuk memaksa komputer melebihi kemampuan aslinya. Overclock biasanya diukur menggunakan satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Biasanya komponen yang sering di Overclock adalah RAM,VGA, dan Prosessor.

0 komentar:

Posting Komentar